15 Agustus 2016

Mengenal Jenis-Jenis Itik Pedaging

Itik pedaging merupakan itik yang dipelihara khusus untuk menghasilkan daging. Hal ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk memproduksi daging yang tinggi. Itik pedaging menampakkan ciri fisik dan karakteristik yang berbeda dari itik petelur. Jenis-jenis itik yang termasuk tipe pedaging adalah sebagai berikut;

1. Itik Peking
Itik Peking adalah jenis itik yang berasal dari Tiongkok. Jenis itik termasuk yang paling banyak dipelihara sebagai itik pedaging. Ciri-ciri itik Peking antara lain; posisi punggungnya agak miring ke belakang, ekornya tegak lurus, lehernya tegak, memiliki kaki yang pendek, perutnya sering sampai menempel ke tanah, warna bulunya mayoritas putih bersih dan halus, paruh dan kaki berwarna kuning tua atau oranye, terdapat banyak bulu kapas yang halus pada ekor. Bobot itik dewasa cukup tinggi, berkisar antara 3,5-5 kg dengan tekstur daging yang lembut dan berwarna kekuningan.

Itik Peking
(juraganbebek2.blogspot.com)

2. Itik Branti
Merupakan hasil persilangan antara itik Alabio dengan itik Tegal. Hasil persilangan antara itik Branti dengan itik Alabio lebih banyak diminati oleh peternak sebab anak itik yang dihasilkan memiliki bobot yang tinggi yakni mencapai 3 kg pada umur 2 minggu.

3. Itik Manila
Itik Manila (Cairina moschata) pada awalnya banyak dikembangkan di Brasil. Ciri-ciri itik Manila yaitu postur tubuhnya besar dan lebar, ukuran kepala besar dan terdapat jambul, ukuran leher sedang tapi kuat, sayap panjang dan kuat sehingga dapat terbang dan mayoritas bulu berwarna kehitam-hitaman, hitam polos dan ada yang berwarna putih. Bobot itik Manila berkisar antara 3-3,5 kg. Kendati memiliki bobot yang cukup besar, kemampuan mengeram itik Manila juga sangat baik.