15 Agustus 2016

Bagaimana Memilih Kelinci Bibit

Kelinci bibit yang akan dipilih untuk pemeliharaan lebih lanjut baik untuk menghasilkan daging, menghasilkan rambut (wool), menghasilkan kulit serta rambut dan kelinci hias, perlu diperhatikan syarat kesehatan.

Ciri umum bibit kelinci yang sehat dan layak diambil sebagai bibit yaitu matanya bulat bercahaya, selaput mata bersih, tatapannya cerah dan jernih, hidung kering, moncong dan mulut bersih, tidak cacat fisik (mata, kaki), kuku dan gigi normal, tidak ada kelainan pada tulang.

Kelinci bibit
(kelinci07.blogspot.com)

Ciri pada kelinci betina yaitu tidak cacat alat reproduksi, ambing normal dengan jumlah puting susu 8 buah atau 4 pasang. Penelusuran potensi genetik atau keunggulan bawaan dari bibit dapat diketahui dengan mengetahui catatan prestasi tetuanya. Matanya bulat bercahaya, selaput mata bersih, mempunyai tatapan yang cerah dan jernih, hidung, moncong dan mulut dalam keadaan bersih. Sedangkan ciri bibit pejantan yaitu libidonya tinggi dan tidak terdapat kelainan pada alat reproduksi.

Syarat-syarat di atas adalah syarat umum untuk bibit kelinci. Bila menginginkan tujuan khusus dari kelinci yang dipelihara (seperti penghasil rambut, kulit serta rambut, daging), perlu diperhatikan ciri khusus calon bibit.

Ciri khusus untuk bibit kelinci tipe pedaging yaitu memiliki ukuran tubuh yang panjang, ukuran telinga panjang dan lebar, pertumbuhannya cepat, bobot sapih sekitar 1,8 kg dan bobot dewasa mencapai 6 kg.

Ciri bibit kelinci penghasil rambut (wool) yaitu terdapat rambut di daerah telinga, memiliki rambut yang halus, tebal dan seragam pertumbuhannya, dan ada kombinasi warna yang unik rambut.

Ciri bibit kelinci penghasil kulit serta rambut yaitu lembut, tebal, tidak mudah gugur, pertumbuhan rambutnya seragam, bentuk kepala lebar, ukuran leher pendek, ukuran tubuh panjang dan bobot tubuh lebih dari 8 bulan mencapai 4-5 kg.