13 Agustus 2016

Perkandangan Kelinci

Salah satu kelebihan kelinci yakni mudah beradaptasi dengan lingkungan. Karena itu, penempatan kelinci pada kandang yang baru sekalipun tidak akan menimbulkan stress. Kandang kelinci harus memenuhi syarat-syarat seperti memiliki ventilasi yang baik, dinding kandang kokoh dan kuat, memungkinkan cahaya matahari pagi bisa masuk ke kandang. Lantai kandang didesain sedemikian rupa sehingga mudah dibersihkan. Lingkungan sekitar kandang diupayakan tenang dan lokasinya tidak jauh dari rumah.

Fungsi kandang dalam pemeliharaan kelinci adalah sebagai tempat beristirahat, memudahkan penanganan dan pengawasan, melindungi kelinci dari ancaman predator dan cuaca lingkungan yang buruk, memudahkan dalam seleksi bibit dan ternak yang sakit. Bahan pembuatan kandang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar. Bahan yang digunakan harus kuat, praktis, mudah diperoleh dan murah.

Kandang individu kelinci
(kelinciindonesia.com)

Bentuk kandang kelinci sangat bervariasi bergantung pada kapasitas yang diinginkan, segi ekonomis, luas lahan dan estetika. Desain kandang sebaiknya menjamin kemudahan dalam pembersihan, perawatan dan memnuhi syarat kesehatan. Perlengkapan kandang perlu disediakan di dalam kandang seperti tempat pakan dan tempat minum.

Bentuk-bentuk kandang kelinci antara lain;
1. Kandang individu (baterai)
Kandang individu adalah kandang yang dibuat dengan kapasitas tampung 1 ekor tiap kandang. Kandang individu memiliki beberapa bentuk yaitu bentuk berjejer (Flat dech battery), bentuk bertingkat (Tier battery) dan bentuk susunan piramida (Pyramida battery).

2. Kandang Ranch
Kandang berbentuk ranch biasa terdapat halaman di luar kandang. Halaman tersebut berguna sebagai tempat umbaran atau tempat bermain, berkeliaran bagi kelinci. Terdapat dua tempat atau ruang di dalam kandang model ranch. Ruang pertama sebagai tempat kelinci berkeliaran, ruang kedua tempat berkeliaran kelinci induk dan jantan bersama anak kelinci.

3. Kandang lantai (postal)
Kandang postal adalah kandang kelinci yang berlantaikan tanah atau semen. Kandang postal biasa digunakan untuk kandang pembesaran kelinci. Pemeliharaan di dalam kandang postal dilakukan secara koloni pada kelinci dengan jenis kelamin dan umur yang seragam. Ukuran kandang postal cukup luas.

4. Kandang kotak
Kandang kotak disediakan bagi induk yang baru melahirkan. Kandang kotak diisi oleh induk beserta anak. Perlengkapan kandang kotak diusahakan mirip dengan sarang beranak. Terdapat dedaunan kering, rumput kering dan rambut-rambut tubuh kelinci.
Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh dan umur kelinci. Kandang untuk induk kelinci kecil berukuran panjang 90 cm, lebar 60 cm dan tinggi 60 cm. Sedangkan untuk induk kelinci yang memiliki postur besar, ukuran kandang yaitu panjang 180 cm, lebar 60 cm dan tinggi 60 cm.

Ukuran kandang kelinci berdasarkan ukuran tubuh sesuai ras yang direkomendasikan adalah sebagai berikut;
1. Ukuran kandang untuk kelinci tipe kecil (bobot tubuh < 2,5 kg)
Ukuran kandang untuk anak kelinci umur 1,5 sampai 3 bulan; 75 x 60 x 40 cm untuk kapasitas tampung 6 ekor. Ukuran kandang untuk kelinci muda umur 3 sampai 6 bulan; 75 x 35 x 40 cm untuk satu ekor kelinci. Ukuran kandang untuk induk kelinci; 75 x 60 x 40 cm untuk satu ekor kelinci, dan ukuran 75 x 60 x 40 cm untuk satu ekor kelinci pejantan.

2. Ukuran kandang untuk kelinci tipe sedang (bobot tubuh 2,5-4,5 kg)
Ukuran kandang untuk anak kelinci umur 1,5 sampai 3 bulan; 80 x 75 x 45 cm untuk kapasitas tampung 6 ekor. Ukuran kandang untuk kelinci muda umur 3 sampai 6 bulan; 75 x 50 x 40 cm untuk satu ekor kelinci. Ukuran kandang untuk induk kelinci; 80 x 75 x 45 cm untuk satu ekor kelinci, dan ukuran 80 x 75 x 45 cm untuk satu ekor kelinci pejantan.

3. Ukuran kandang untuk kelinci tipe berat (bobot tubuh > 4,5 kg)
Ukuran kandang untuk anak kelinci umur 1,5 sampai 3 bulan; 90 x 80 x 50 cm untuk kapasitas tampung 6 ekor. Ukuran kandang untuk kelinci muda umur 3 sampai 6 bulan; 80 x 60 x 50 cm untuk satu ekor kelinci. Ukuran kandang untuk induk kelinci; 90 x 80 x 50 cm untuk satu ekor kelinci, dan ukuran 90 x 80 x 50 cm untuk satu ekor kelinci pejantan.