11 Agustus 2016

Manajemen Pemeliharaan Kelinci

Pemeliharaan ternak kelinci muda dilakukan secara berkelompok di dalam satu kandang. Kelinci baru dipisahkan setelah berumur 3 bulan. Tujuan pemisahan ini adalah untuk mencegah terjadinya perkawinan yang tidak diinginkan. Seperti perkawinan sedarah (inbreeding) dan perkawinan sebelum dewasa tubuh. Umur kawin pada ternak kelinci bervariasi bergantung pada rasnya. Untuk ras kelinci dengan ukuran tubuh kecil pada umur 4-5 bulan, ras kelinci sedang pada umur 5-6 bulan dan ras besar pada umur 8-10 bulan.

Pemeliharaan kelinci bunting dapat dilakukan pada kandang individu maupun kandang kelompok. Hal penting yang harus diperhatikan pada kandang bunting adalah kondisi lantai kandang harus selalu kering, hangat dan dilengkapi dengan tempat beranak.

Tempat beranak dapat berupa kotak persegi dengan alas dedaunan kering yang dapat memberi kehangatan pada anak kelinci yang baru lahir. Pada umur kebuntingan 27 hari, sebaiknya kandang kelinci diberi alas seperti jerami, sekam atau rumput kering.

Kelinci bunting
(tabosrabbit.blogspot.kr)

Pakan yang diberikan pada induk kelinci bunting harus diperhatikan kualitas dan kuantitasnya. Hal ini dikarenakan janin kelinci di dalam rahim mendapatkan nutrisinya dari induk. Kondisi lingkungan kandang juga diupayakan selalu bersih, kering dan tenang atau tidak bising. Keributan di sekitar kandang menyebabkan stress pada induk.

Hal yang perlu diperhatikan pada pemeliharaan induk yang melahirkan yaitu harus selalu tersedia air minum di dalam kandang. Rambut kelinci yang telah bercampur dedaunan dan rumput kering yang menjadi alas sarang melahirkan harus diperhatikan. Rambut pada anak kelinci baru mulai tumbuh pada umur 4 hari sehingga semasa belum ada rambut, kehangatan diperoleh dari induk dan sarangnya. Periode ini sangat kritis bagi anak kelinci sehingga butuh pengamatan sesering mungkin dari peternak.

Anak kelinci yang terlahir dengan kondisi sehat sudah mulai makan pada umur 25 hari. Pada saat itu pakan pada induk harus ditambah jumlahnya. Penyapihan anak kelinci dapat dilakukan pada umur 35-45 hari dengan boot 400 sampai 500 gram. Anak kelinci yang disapih dapat langsung dijual sehingga menghasilkan pendapatan bagi peternak. Pemisahan anak kelinci berdasarkan jenis kelamin dilakukan saat penyapihan. Tujuannya adalah mudah dalam pengontrolan dan pertumbuhannya lebih seragam.

Pada umur 12 minggu, anak kelinci mulai ditempatkan pada kandang baterai untuk dipelihara secara individu. Tujuannya adalah mempersiapkan kelinci menjadi induk atau pejantan. Pemberian pakan dan air minum sudah harus diperhatikan mutu dan jumlahnya.

Kastrasi atau kebiri sering dilakukan pada kelinci jantan. Kastrasi hanya dilakukan pada kelinci jantan yang dipelihara untuk tujuan penggemukan atau menghasilkan daging. Kastrasi dapat memacu pertumbuhan kelinci jantan dan penimbunan otot yang baik.