5 September 2016

Gambaran Umum Anjing

Minat masyarakat untuk memelihara hewan semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Hewan peliharaan diminati oleh karena dipandang sebagai teman hidup, penjaga dan sarana hiburan. Anjing termasuk jenis hewan kesayangan yang paling populer dan paling diminati oleh masyarakat.

Golden Retriever
(animalia-life.com)

Anjing merupakan hewan yang cukup mudah bersosialisasi dengan manusia. Relasi atau hubungan antara manusia dan anjing telah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Anjing dimanfaatkan oleh masyarakat primitif sebagai teman berburu. Anjing juga termasuk hewan menyenangkan serta setia dan jujur. Kemampuan penciuman dan pendengaran anjing sangat baik sehingga bisa diandalkan sebagai penjaga dan pelacak.

Penggunaan istilah anjing merujuk pada serigala sebagai hasil domestikasi Canis lupus familiaris. Klasifikasi anjing bukan merupakan serigala, dicetuskan oleh oleh Linnaeus pada pertengahan abad 17. Sejak tahun 1993, lembaga Smithsonian dan Perkumpulan Ahli Mamalia Amerika menyepakati dan menetapkan anjing sebagai subspesies serigala abu-abu Canis lupus.

Anjing sering dijadikan penjaga rumah, penarik kereta salju, penuntun orang buta, dan penyelamat. Selain itu, dengan kemampuan mengendusnya yang sangat baik, anjing juga digunakan untuk mencari jejak. Jenis hewan peliharaan kini dianggap sebagai suatu kegemaran (hobby) dan lambang prestise. Karenanya, keberadaan anjing sangat mudah ditemukan di masyarakat. Baik itu dari golongan bukan ras maupun ras.

Tingkat kesukaan masyarakat yang tinggi terhadap anjing ditandai dengan adanya berbagai perlombaan. Perlombaan bisa berupa pertunjukkan keindahan anjing maupun kepintaran anjing. Dalam pada itu, terbentuk pula asosiasi penggemar anjing yang disebut PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia). PERKIN sering mengadakan kegiatan-kegiatan berkaitan dengan anjing.

Anjing telah mengalami proses penjinakan atau domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun lampau. Perkiraan ini didasarkan pada bukti genetik dalam bentuk penemuan fosil dan tes DNA. Anjing terdiri dari berbagai macam ras dengan variasi yang beragam. Mulai dari anjing dengan tinggi badan lebih dari satu meter seperti Irish Wolfhound hingga anjing dengan tinggi hanya beberapa puluh cm seperti Chihuahua.

Warna rambut pada anjing juga beraneka ragam. Ada yang berwarna putih, hitam, putih-kehitaman, merah, kelabu atau abu-abu dan coklat. Ukuran rambut juga bermacam-macam. Ada yang berambut sangat pendek yaitu hanya beberapa cm dan ada yang panjangnya puluhan cm. jenis-jenis rambut pada anjing bervariasi, mulai dari lurus, keriting, dengan tekstur lembut seperti wol dan kasar.