5 September 2016

Mengenal Anjing Pelacak

Anjing pelacak adalah rekan kerja kepolisian dalam menyidik kasus-kasus tertentu. Penyidikan yang menggunakan anjing pelacak akan melibatkan pihak reserse dan pelatih anjing pelacak yang mengendalikan anjing tersebut selama penyelidikan dan penyidikan berlangsung. Penciuman anjing sangatlah tajam.

Anjing bisa mendeteksi indikasi adanya bahan peledak atau narkotika. Dalam kasus pencurian dan pembunuhan, anjing pelacak bisa membantu penyidikan terutama dalam mendeteksi dan menemukan alat bukti serta mengenali pelaku.

Anjing pelacak merupakan anjing dengan ras tertentu yang telah diseleksi dengan kekhususan tertentu dan menjalani pelatihan. Pelatihan bagi anjing disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Peningkatan kemampuan anjing lewat pelatihan diharapkan bisa membantu kerja kepolisisan dalam hal preventif maupun represif.

Penggunaan anjing dalam kerja kepolisian dimulai pada tahun 1959. Anjing dalam kepolisisan saat itu masuk dalam satu brigade khusus yaitu Brigade Anjing Polisi (BRIGAN). Oleh karena kebutuhan untuk mengamankan objek vital strategis, pada 1964 BRIGAN AURI didirikan.

Jenis-jenis anjing pelacak dibedakan menjadi dua golongan berdasarkan kualifikasinya. Pengelompokan anjing pelacak antara lain;
a. Anjing Pelacak Umum
Jenis-jenis anjing yang termasuk dalam Anjing Pelacak Umum yaitu German Shepherd (herder), Doberman Pinscher, Rottweiler, Belgian Malinois.

Anjing German shepherd (gembala Jerman) termasuk ras murni anjing yang sangat populer. Ciri-cirinya yaitu ukuran tubuh besar, cerdas dan penurut. Warna yang menjadi ciri umum anjing ini adalah kombinasi warna hitam dan coklat.

Doberman Pinscher merupakan anjing pengelana. Cirri-ciri anjing ini antara lain tinggi bahu 70 cm, perototannya baik, bentuk tengkorak nampak pipih, telinga tegak dan berbentuk runcing, ekor buntung, rambut tubuh pendek, warna dominan hitam-cokelat. Sifat khususnya adalah sensitif, melindungi tuannya, agresif dan curiga terhadap orang yang tidak dikenal.

Rottweiler adalah anjing yang berasal dari Jerman. Anjing ini dikenal sebagai anjing penggiring yang kuat. Sifat Rottweiler sangat agresif, cerdas, daya tahan kuat, tenang menghadapi situasi. Warna anjing muda yaitu kombinasi hitam dengan coklat mahoni. Umur anjing ini mencapai 10 tahun, bobot tubuh berkisar antara 40 hingga 60 kg, tinggi mencapai 70 cm.

Belgian Malinois merupakan anjing gembala dari Belgia. Ciri-ciri anjing ini antara lain; kepala kuat dan halus, mata berwarna coklat, telinga tegak mengarah ke depan. Rambut tubuh bervariasi tergantung pada jenisnya, misalnya Groenendael (bulu hitam dan panjang), Tervueren (bulu panjang), Laeknois (bulu keriting) dan Malinois (bulu pendek). Tinggi badan mencapai 66 cm, bobot tubuh berkisar antara 23 sampai 30 kg dan masa hidup 16 tahun.

Belgian Malinois
(dogtime.com)

b. Anjing Pelacak Narkotika dan Bahan Peledak
Jenis-jenis anjing yang termasuk ke dalam pelacak khusus yaitu Golden Retreiver, Labrador, dan Beagle.
Golden Retreiver merupakan ras awalnya digunakan sebagi anjing pemburu. Ciri fisiknya yaitu bulu berwarna keemasan saat terkena sinar matahari, telinga terkulai ke samping. Anjing Golden Retriever suka berada air. Gigitannya saat mengambil hasil buruan tidak kasar sehingga mangsa selalu dalam keadaan utuh saat diserahkan ke pemburu. Anjing ini banyak digunakan sebagai pelacak narkoba, anjing penyelamat, anjing pemburu, dan anjing penuntun. Sifat khasnya yaitu ramah, sabar, dan selalu ceria.

Labrador termasuk jenis anjing pemungut buruan yang cukup populer. Ciri fisiknya yaitu kepala lebar dan telinga terkulai ke samping. Sifat anjing ini antara lain; agresif, cerdas, ramah, cepat belajar dan senang dipuji. Sebagian anjing Labrador sangat suka bermain di air sehingga sengaja dipelihara untuk memungut hewan buruan yang jatuh ke air.

Beagle merupakan anjing jenis pemburu dan termasuk ras terkecil anjing pemburu yang berasal dari Inggris. Beagle terdiri dari empat jenis, yaitu Beagle ukuran sedang, Beagle kerdil kecil, Beagle rubah, dan Beagle terrier. Ciri-ciri fisik anjing ini antara lain tinggi 25–28 cm, bobot tubuh 7–11 kg, berotot, mata berwarna coklat, ukuran telinga panjang, warna bulu kuning-kecoklatan, hitam, dan putih.

Beagle Dog
(www.spirit-animals.com)