9 September 2016

Gambaran Umum Tentang Kucing

Kucing adalah jenis hewan karnivora yang penyebarannya di hampir seluruh dunia. Kucing Indonesia atau kucing lokal (Fellis catus) adalah hasil persilangan dari Fellis silvetris dan Libica. Libica merupakan keturunan Fellis silves. Ciri fisik kucing lokal antara lain; bulu pendek, warna bulu bervariasi mulai dari abu-abu, coklat dan kombinasi beberpa warna.

Kucing Angora Turki
(nextranks.com)

Penggunaan sebutan "kucing" merujuk pada "kucing" hasil domestikasi atau penjinakan. Akan tetapi, bisa juga merujuk pada harimau dan singa sebagai “kucing besar”. Relasi manusia dengan kucing telah dimulai sejak 6.000 tahun SM. Penggunaan kucing pada zaman dahulu diperuntukkan menjaga lumbung hasil panen dari tikus dan jenis rodensia lainnya.

Kucing yang garis keturunannya terinventarisi secara resmi sebagai kucing galur murni yaitu kucing Siam, Persia, Sphinx dan Manx. Populasi kucing ras hanya sekitar 1% dari populasi kucing di dunia. Populasi kucing yang dominan adalah turunan campuran kucing liar dan kucing lokal.

Pemeliharaan kucing sebagai hewan kesayangan semakin populer belakangan ini. Banyak alasan yang mendasarinya seperti; memelihara karena hobi, kucing bisa menjadi teman bermain, sebagai bisnis sampingan maupun menekuninya sebagai bisnis utama. Popularitas kucing makin terangkat seiring dengan semakin seringnya diselenggarkan kontes untuk kucing. Baik itu tentang kecantikan maupun ketangkasan.

Jenis kucing ada dua macam yaitu kucing lokal atau bukan ras dan kucing ras. Jenis-jenis kucing ras diantaranya sepertti; kucing Persia, kucing Angora, kucing Himalayan, kucing Exotic, kucing American Sorthair, kucing Sphinx, kucing Maine Coon, kucing Ragdol, kucing Bengal dan kucing Siam. Pemeliharaan kucing relative mudah dilakukan. Hal ini didukung oleh ukuran tubuhnya yang kecil.

Ciri fisik atau karakteristik kucing sangat menarik. Karakteristik fisik yang menonjol pada kucing yaitu mempunyai bulu yang indah baik dari sisi bentuk, ukuran maupun warna dan memiliki bola mata kucing yang indah meski ada kesan angker. Kucing ras yang paling disukai pada umumnya yaitu yang memiliki bulut ubuh yang panjang.

Banyak orang memelihara kucing sebagai kegemaran. Kucing yang banyak dipelihara untuk hal ini yaitu kucing Angora, Siam dan Persia. Oleh karena sangat digemari, sektor budidaya atau perkembangbiakan kucing Persia menjadi usaha yang menjanjikan.

Kucing dipandang sebagai salah satu hewan predator yang paling sempurna. Hal ini didukung oleh postur tubunya yang kecil sehingga sangat gesit dan lincah serta tidak begitu menakutkan bagi manusia. Kemampuan kucing dalam melumpuhkan mangsa cenderung sama dengan harimau dan singa yakni menggigit leher mangsa dengan gigi taring sehingga melukai saraf tulang belakang dan menyebabkan mangsa kehabisan napas karena rusaknya tenggorokan.

Ciri umum pada kucing adalah mempunyai daun telinga yang tegak. Saat mendengar suara, daun telinga kucing akan bergerak ke arah sumber suara, ke depan, ke samping, bisa juga ke belakang. Kucing sering merawat dirinya sendiri dengan cara menjilati rambut pada tubuhnya. Kucing bisa menyimpan energi cadangan dengan cara tidur lebih lama. Lama waktu tidur kucing antara 12-16 jam per hari.