9 September 2016

Manajemen Reproduksi Pada Kucing

Kucing memiliki daya tahan tubuh yang lemah terhadap suhu ekstrim. Misalnya hujan, salju, kabut. Hal ini karena hubungan kekerabatan yang kental antara kucing dengan bitangan gurun lainnya. Pengecualian bagi jenis kucing seperti Maine Coon dan Norwegian Forest Cat. Kedua kucing ini mampu bertahan dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normal yakni 39°C kendati dalam keadaan basah.

Perkawinan kucing
(www.youtube.com)

Masa hidup kucing sangat panjang yaitu berkisar antara 15-20 tahun. Bahkan kucing tertua diketahui berusia 38 tahun 3 hari. kucing ini diberi nama Creme Puff. Kucing rumahan atau peliharaan bisa hidup lebih lama. Hal ini karena terhindar dari ancaman serangan predator dan atau kecelakaan yang fatal.

Dewasa kelamin atau pubertas pada kucing betina terjadi pada umur 7-12 bulan. Sedangkan pada kucing jantan seringkali 1-2 bulan lebih lambat. Masa pubertas adalah masa yang mana kucing sudah mengalami birahi. Hal ini menandakan bahwa kucing sudah bisa bereproduksi atau berkembang-biak.

Siklus birahi kucing terjadi tiap 14 hari. Lama masa birahi terjadi antara 3-6 hari. Tanda-tanda birahi pada kucing yaitu sering bersuara, berjalan di tempat, sering menggeliat, nafsu makan menurun, ekor akan melengkung bila punggungnya dipegang. Perkawinan kucing sebaiknya dilakukan saat kucing sedang birahi.

Bila tidak muncul kembali tanda birahi pada waktu 14 hari setelah perkawinan, maka kemungkinan terjadi kebuntingan. Masa kebuntingan kucing terbilang sangat singkat yaitu 65 hari. Variasi lama kebuntingan yaitu 58-71 hari. Anak kucing yang baru lahir dalam keadaan buta dan tuli. Matanya baru mulai terbuka pada umur 8-10 hari.

Masa laktasi atau produksi susu induk terjadi selama 50 hari. karena itu, penyapihan anak kucing bisa dilakukan pada umur 6-7 minggu. Jumlah anak per kelahiran bisa mencapai 4 ekor anak. Hal ini karena uterus kucing memiliki bentuk khusus dengan 4 bagian berbeda. Umur reproduksi kucing bisa mencapai 10 tahun. Karena itu, dengan manajemen pemeliharaan dan pakan yang baik, induk bisa bernak 20-25 kali sampai afkir.