21 Agustus 2016

Manajemen Perkandangan Kerbau

Peternakan kerbau secara intensif maupun semi intensif membutuhkan kandang dan perlengkapan kandang. Keberadaan kandang dan perlengkapan kandang dapat memudahkan dalam manajemen ternak. Kandang berfungsi tempat beristirahat ternak, melindungi ternak dari cuaca yang buruk seperti panas matahari berlebihan, hujan, angin, dan suhu ekstrem. Kandang juga bisa melindungi ternak dari gangguan dan ancaman dari predator seperti hewan liar maupun pencurian.

Kandang kerbau
(ceritabearcat.blogspot.com)

Kandang yang baik memberikan kenyamanan bagi ternak sehingga bisa berproduksi secara optimal. Pembuatan kandang ternak perlu mempertimbangkan 3 faktor penting yaitu; faktor biologis, faktor teknis dan faktor ekonomis. Faktor Biologis berkaitan dengan tingkat sensitifitas ternak terhadap cuaca. Faktor teknis berkaitan dengan bentuk kandang dan kemudahan-kemudahannya. Sedangkan faktor ekonomis lebih menekankan pada biaya kandang yang terjangkau.

Sistem pemeliharaan kerbau pada tiap daerah disesuaikan dengan potensi yang dimiliki. Peternak kerbau pada daerah yang memiliki padang penggembalaan luas memilih menerapkan sistem pemeliharaan ekstensif. Pada sistem pemeliharaan ekstensif, kerbau hanya dikandangkan saat musim membajak sawah.

Pada sistem pemeliharaan semi intensif, kerbau digembalakan di padang pada siang hari lalu dikandangkan pada malam hari. Pada daerah padat penduduk, pemeliharaan kerbau dilakukan secara intensif. Artinya kerbau dikandangkan terus-menerus dan seluruh manajemen pemeliharaan dikontrol oleh peternak.

Kriteria teknis yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang kerbau yaitu; bahan pembuatan kandang tersedia di lingkungan sekitar peternakan, kuat atau tahan lama dan murah. Perlu disediakan kubangan di sekitar kandang untuk kerbau berkubang sewaktu-waktu. Dinding kandang sebaiknya dibuat tidak terlalu rapat agar memudahkan sirkulasi udara. Desain dinding kandang bergantung pada kondisi iklim pada setiap daerah. Sebagai acuan, luas kandang untuk tiap kerbau dewasa yaitu 12 meter persegi.